Konsep jaringan komputer




Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, yang meliputi software ataupun hardware secara bersama.
Seringkali kita mendengar kata internet, sekilas mungkin akan berfikir bahwa yang namanya internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan terdiri banyak komputer. Bagi orang awam internet sering diartikan sebagai chatting, browsing bbm, facebook, dll. Penegertian tersebut merupakan pandangan yang kurang benar. Karena sebenarnya internet adalah kumpulan dari berbagai macam jaringan kecil dan besar yang Saling terhubung secara realtime atau terus menerus di seluruh dunia.
Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan resources satu sama lain sehingga dapat tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi, dalam pembangunan jaringan membutuhkan perangkat khusus dan dengan instalasi tertentu.
a.       Tujuan membangun jaringan komputer
Jaringan komputer dibangun untuk membawa data secara cepat, tepat tanpa adanya kesalahan dari pengirim (transmitter) maupun pada sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

b.      Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih bila dibandngkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Jaringan komputer memungkinkan manajemen sumber daya yang lebih efisien seperti :
1.       Pengguna dapat salng berbagi printer untuk digunakan bersama sama, dibandingkan menggunakan printer disetiap meja kerja. Selain itu, lisensi oerangkat lunak jaringan komputer dapat lebih murah dibamdingkan lisensi seendiri untuk jumlah pengguna yang sama.
2.       Jaringan komputer membantu mempertahankan informasu agar tetao handal dan uptodate. Sistem penyimpanan terpusat yang dapat digunakan bersama sehingga pengelolaan data lebih baik.
3.       Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data dalam jaringan dapat berlangsung dengan cepat.
4.       Jaringan komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
5.       Membantu perusahaan dalam melayani pelanggan dengan lebih efisien

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep jaringan komputer"

Post a Comment